Friday 27 November 2015

[Movie] Cinema Paradiso: Film Klasik Wajib Tonton

Cinema Paradiso ini merupakan film yang diproduksi tahun 1988. Film Italia yang memakai judul  Nuovo Cinema Paradiso di negeri asalnya ini disutradarai oleh Giuseppe Tornatore. Gak kenal? iya, aku juga. Film ini berkisah tentang seorang anak bernama Toto yang jatuh cinta sejatuh-jatuhnya pada bioskop dan film.
Toto, merupakan anak berperawakan kecil yang menurut standarku, sangat nakal. Well, sangat cerdik tepatnya. Dan pintar? hmm.. iya, pintar juga. Ia menggunakan kepintarannya itu untuk mendapatkan izin memasuki ruang pemutar proyektor di bioskop "Cinema Paradiso". Dengan segala cara, ia akhirnya dapat membuat Salvatore (pengoperasi proyektor di bioskop itu) mengajarinya cara mengoperasikan proyektor dan segala hal yang berkaitan dengan itu.

Para warga di kampung kecil itu sangat menyukai film tapi tentu saja tidak semua orang dapat membayar. Jadi scene paling membahagiakan dalam film ini menurutku adalah saat Salvatore memproyeksikan filmnya ke luar gedung bioskop agar dapat ditonton oleh mereka yang ditolak masuk bioskop. What a scene! Yah, meskipun kebahagian tersebut berakhir tragis (langsung tonton aja!).

Film ini menggunakan alur mundur-maju, dimana Toto dewasa telah menjadi seorang sutradara sukses yang mengingat lagi masa kecilnya. Salvatore meninggal, dan ia harus pulang. Kembali ke kampung halamannya yang telah ia tinggalkan selama 30 tahun.

Aku sangat menyukai film ini. Penyebabnya agak sulit kuceritakan. Yang jelas film ini sangat manis. Seorang anak kecil yang telah tahu apa yang ingin dilakukannya (kesan yang ditimbulkannya mirip dengan film Augustus Rush). Sebagai penonton, pasti akan dapat merasakan bagaimana besar kecintaan Toto pada film. Selain itu juga, karena ini film klasik, kita masih dapat menemukan kisah tentang guru Toto yang membenturkan kepala muridnya ke papan tulis karena tidak mampu menghapal perkalian (scene ini bikin senyum-senyum sendiri).

Dan after all, aku cuma mau ngajak kalian semua buat menikmati film ini. Mari Nonton. :)





0 comments: