Thursday 11 June 2015

Belajar Periode dalam Sejarah Sastra Dunia



Tulisan ini aku buat dengan tujuan yang sama seperti tulisan-tulisanku yang lainnya. Sebagai pengingat. Ingatan jangka panjangku sangat buruk. Dan menulis, kata beberapa orang adalah latihan yang baik. 

Sebagian besar dari isi tulisanku kali ini adalah terjemahan dari laman http://klasikfanda.blogspot.com pada bagian Literary Movement Reading Chalenge 2015. Aku mendapatkan penjelasan mengenai periode-periode sejarah sastra dunia pada laman tersebut dan ingin sekali merekamnya dengan baik sebagai pengetahuan yang baru (bagiku).

Jadi begini, aku sering sekali mendengar bahwa penulis “ini” merupakan salah satu penulis Modernist, misalnya, atau penulis “itu” adalah bagian era Victorian. Tapi aku sama sekali tidak tahu mengapa mereka disebut demikian. Apa saja karakteristik dari masing-masing gerakan tersebut? Dan akhirnya aku menemukan jawabannya secara utuh pada laman tersebut. 

Aku akan menuliskannya kembali di sini dalam versi Bahasa Indonesia (maafkan kelemahanku dalam upaya penerjemahan, ok?).


Nah, sebenarnya ada beberapa versi tentang periode dan gerakan dalam sejarah sastra dunia ini, tapi laman tersebut pada dasarnya menggunakan timeline yang di share pada laman http://www.online-literature.com/periods/timeline.php .
         Dan berdasarkan itu pula kita akan menemukan bahwa terdapat 13 periode dan gerakan yang berbeda hingga sekarang. Kamu bisa membuka link di bawah ini untuk melihat sedikit penjelasan tentang masing-masing periode ^^ .

1.     Medieval / Middle Age ( 500-1500)
 

0 comments: